Select Page

PELATIHAN PENANGGULANGAN PENDERITA GAWAT DARURAT

BASIC TRAUMA AND CARDIAC LIFE SUPPORT

 

Program Studi Ilmu Keperawatan profesi ners universitas ‘aisyiyah yogyakarta mengadakan Pelatihan Penanggulangan penderita gawat darurat (PPGD) Basic Trauma And Cardiac Life Support (BTCLS) yang merupakan kegiatan dilakukan guna membekali mahasiswa profesi ners UNISA dalam menghadapi dunia kerja beserta Clinical Instructure dan Preceptor Rumah Sakit/Puskesmas dalam meningkatkan pelayanan dan mutu skill keperawatan.

Pelatihan ini mengusung materi Basic Trauma And Cardiac Life Support yang bekerja sama dengan PUSBANKES 118 Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI)  Cabang DIY yang merupakan instansti pengadaan pelatihan kesehatan yang sudah sertifikasi dan legalitas dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pelatihan ini diikuti oleh Peserta sejumlah 164 peserta yang terbagi dalam 2 gelombang. Gelombang pertama diadakan pada tanggal 14-18 Agustus 2019 serta pada gelombang kedua diadakan pada tanggal 11-15 September 2019.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh wakil dekan II Bapak Ruhyana, MAN yang menyampaikan sambutanya bahwa beliau sangat mengapresiasi kerja sama dengan pihak yang sudah berkompeten dalam pengadaan pelatihan serta kegiatan pelatihan PPGD tersebut sebagai dasar pembekalan mneyongsong dunia kerja di era modern ini. Rangkaian acara kegiatan pelatian PPGD ini dilakukan mulai dari pretest postest pemberian materi skill serta simulasi terjadinya bencana dan pengaplikasian skill materi di simulasi bencana tersebut.

Pelaithan PPGD ini ditutup oleh ibu Ns. Suratini, M.Kep., Sp.Kep.Kom dalam sambutanya beliau menyampaikan harapanya semoga ilmu pelatihan yang sudah dilaksanakan kurang lebih 5 hari dalam setiap gelombang dapat menjadi standar keahlian keperawatan di bidang gawat darurat sehingga menjadi bekal dalam pencapaian dunia kerja setelah lulusa nanti juga menjadi pembekalan materi terutama di keperawtaan gawat darurat untuk persiapan uji kompetensi nasional ners yang akan segera dilaksanakan, apresiasi diberikan kepada alumni serta clicinal instructure dan perceptor yang turut serta dalam kegitaan pelatihan ini semoga menjadi bekal update ilmu keperawatan dilahan kerja rumah sakit serta puskesmas masing-masing yang diampunya.

Pemberian apresiasi penghargaan juga diberikan kepada peserta pelatihan terbaik gelombang I dan II sejumlah 12 peserta terbaik pada pelatihan PPGD periode 2019. Diharpkan dengan diadakanya Pelatihan PPGD dapat menjadi bekal para peserta dalam meningkatkan kualitas skill keperawatanya di bidang kegawatdaruraratan.