Select Page

Program Studi Keperawatan-Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat kepada para pedagang makanan di wilayah kerja Puskemas Gamping II. Pengabdian Masyarakat ini merupakan implementasi dari Hibah Riset Muhammadiyah Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah.  Kegiatan dikemas dalam bentuk pelatihan dan pembinaan pedagang makanan REHAT (Resik dan Sehat) yang dilaksanakan pada hari Jumat, 19 November 2021 bertempat di Aula Puskesmas Gamping II.

Ketua tim pengabdian masyarakat Agustina menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan wawasan pengetahuan kepada pedagang makanan mengenai keamanan pangan dan perilaku hidup bersih dan sehat. “Dengan menerapkan keamanan pangan serta PHBS sebenarnya para pedagang turut serta berperan menjaga kesehatan masyarakat Indonesia,” jelas Agustina. Selain menambah wawasan peserta mengenai keamanan pangan dan PHBS, peserta diharapkan menjadi Duta Pedagang Resik dan Sehat yang akan menjadi role model serta mengedukasi pedagang lain mengenai keamanan pangan dan PHBS. Dengan adanya Duta Pedagang diharapkan akan semakin banyak pedagang yang menjual makanan sehat dan aman serta menerapkan PHBS.

Tim Pengabdian terdiri dari Ns. Agustina Rahmawati, M.Kep., Sp.Kep.Kom. selaku ketua dengan anggota tim Ns. Widaryati, M.Kep.,  Ns. Kustiningsih, M.Kep., Sp.Kep.An., Ns. Tiwi Sudyasih,M.Kep.  beserta dengan 4 mahasiswa semester V Program Studi Keperawatan yaitu Novita Fatmawati, Rahimawati, Ratri Eka Widiastari dan Tahnia Intan Safira. Pelatihan Pedagang Makanan Rehat (Resik dan Sehat) diikuti sejumlah 18 peserta yang merupakan perwakilan pedagang makanan dari seluruh kelurahan di wilayah kerja Puskesmas Gamping II. Pemateri dalam kegiatan ini melibatkan dosen keperawatan UNISA dan Puskemas Gamping II yang diisi langsung oleh Bapak Muhammad Daroji, SKM, MPH selaku Kepala Puskesmas Gamping II.

Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah masing-masing Duta Pedagang makanan REHAT memberikan edukasi kepada pedagang lain yang ditunjukkan dengan foto kegiatan beserta data sasaran edukasi yang dikumpulkan kepada tim pelaksana. Selain itu akan diadakan pemeriksaan kandungan makanan dan pembinaan lanjutan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman. Peserta mengapresiasi dengan baik program pengabdian yang dijalankan ini, bahwa kegiatan ini bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan pedagang tentang keamanan pangan dan  PHBS serta harapannya bisa menerapkan pada saat berjualan makanan.