Select Page

Kamis (8/9/2022), Program Studi Pendidikan Profesi Ners Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta menyelenggarakan OSCE (Objective Structured Clinical Examination). Kegiatan tersebut diikuti oleh 155 mahasiswa yang telah selesai menjalankan program praktik profesi. Ujian OSCE tersebut dalam rangka menilai kemampuan mahasiswa pada kompetensi keterampilan ners  kemampuan analisa dan manajemen didalam mengelola kasus yang telah didapatkan selama praktik profesi dan merupakan salah satu syarat kelulusan ners.

Materi yang diujikan terdiri dari 9 stase, diantaranya stase oksigenasi, sirkulasi, cairan dan elektrolit, nutrisi, aman dan nyaman, eliminasi, aktivitas dan istirahat, psikososial, seksualitas dan kesehatan reproduksi. Dari 9 stase masing-masing mahasiswa harus mampu melakukan pengelolaan kasus dan keterampilan skil dengan baik dan benar sesuai dengan SOP yang telah ditentukan.

Ujian OSCE dilaksanakan di skils lab gedung siti bariyah kampus terpadu Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Ruangan yang digunakan untuk ujian adalah ruang yang telah disusun sedemikian rupa menyerupai stase yang akan diujikan. Selama proses ujian berlangsung mahasiswa tidak bisa bekerjasama dan saling berdiskusi karena dalam satu ruangan hanya terdiri dari mahasiswa ujian, probandus dan dosen penguji.

Penguji dari kegiatan tersebut merupakan dosen keperawatan yang kompeten dengan kualifikasi S2 Keperawatan/Ners Spesialis dengan latar belakang S1 keperawatan dan ners.

Rangkaian kegiatan OSCE Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta terlaksana dengan baik dan tanpa halangan apapun.

Yogyakarta, 08 September 2022