Select Page

Senin (13/11/2023), Prodi Keperawatan-Pendidikan Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta menyelenggarakan Praktisi Mengajar di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Kegiatan praktisi mengajar ini merupakan salah satu program dari Kompetisi Kampus Merdeka yang diikuti oleh program studi Keperawatan-pendidikan profesi ners. Praktisi mengajar kali ini menghadirkan ibu Dr. dr. Maria Astheria Nunuk Listyani Wijaksono, MPALLC yang merupakan praktisi ahli dari RS Kanker Dharmais yang sudah beberapa kali diundang sebagai narasumber baik untuk dosen maupun mahasiswa.

Praktisi mengajar kali ini bertema “Komunikasi dalam Kolaborasi Tim Pelayanan Kesehatan dan Komnikasi Terapeutik pada situasi khusus’. Kegiatan kuliah praktisi ini diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 3 Program Studi Keperawatan baik kelas regular maupun internasional.

Mahasiswa mengikuti seluruh rangkaian kuliah praktisi dengan antusias dan penuh semangat, dengan dilaksanakannya kuliah praktisi diharapkan mahasiswa mendapatkan ilmu secara praktis dan berdiskusi langsung pada ahlinya yang dapat menambah pengalaman untuk digunakan sebagai bekal kedepannya. Sebagai tenaga kesehatan khususnya perawat komnikasi dan kolaborasi merupakan hal yang mendasar, keduanya saling berkaitan. Komunikasi yang baik dalam kolaborasi menjadikan kinerja tim lebih terarah dan terintegrasi secara luas komunikasi dan kolaborasi yang baik juga dapat meningkatkan kepuasan pasien dalam pelayanan.

Peran penting kolaborasi dan komunikasi salah satunya adalah dalam situasi khusus, kondisi situasi khusus menuntut tenaga kesehatan untuk dapat memberikan pelayanan terbaik menggunakan strategi khusus dalam berkomunikasi, hal tersebut harus mampu dilakukan tenaga kesehatan agar menghindari kesalahpahaman dan tetap dapat menunjukkan empati sebagai seorang perawat. 

Pelaksanaan kuliah praktisi berjalan dengan lancar, semoga dapat meningkatkan skill mahasiswa dalamrangka mempersiapkan masuk ke dalam dunia kerja.

Yogyakarta, 13 November 2023