Assalamu’alaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh

Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya, tidak lupa sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya. Amiin.

Ketua Program Studi Keperawatan-Program Studi Pendidikan Profesi Ners  beserta seluruh civitas akademika Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta mengucapkan selamat datang di situs resmi Program Studi Keperawatan-Pendidikan Profesi Ners.

PSK-PSPN Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ‘Aisyiyah berkedudukan di Yogyakarta berdiri berdasarkan SK MendikNas No 181/D/O/2003 tanggal 14 Oktober 2003. Pendirian SK-PSPN bersamaan dengan Pendirian STIKES ‘Aisyiyah yang diawali dengan Sekolah bidan ‘Aisyiyah berdasarkan SK Menteri Kesehatan RI No. 65 tanggal 10 Juli 1963. Ijin peneyelenggaraan program pendidikan profesi ners sesuai dengan SK Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No: 267/D/O/2008 tertanggal 30 Desember 2008. Kemudian pada tahun 2016 seiring dengan perubahan bentuk STIKES ‘Aisyiyah menjadi Universitas ‘Asiyiyah Yogyakarta maka ijin operasional berdasarkan SK Menteri Riset, Tehnologi dan Pendidikan No: 109/KPT/I/2016 tanggal 10 Maret 2019.

PSK-PSPN FIKes unisa telah melakukan akreditasi Program Studi pada tahun 2005 dengan nilai predikat akreditasi C dari BAN PT, kemudian mengajukan reakreditasi pada BAN PT  pada tahun 2011 dengan nilai  B  dan  pada tahun 2016 mengajukan akreditasi dengan peringkat B, serta mengajukan re akreditasi ulang pada tahun 2020.

Seiring dengan bertambahnya usia PSK-PSPN FIKes Unisa (17 tahun) dalam pengelolaan Program Studi  selalu melakukan pembenahan terhadap pendidikan baik tahap akademik dan tahap profesi dengan mengembangkan metode pembelajaran student center learning, pembelajaran e-learning (daring) dan interprofesional education dengan profesi kesehatan lain agar capaian pembelajaran tercapai denga optimal. PSK-PSPN FIKes Unisa  telah menghasilkan alumni yang telah tersebar luas di seluruh Indonesia dan sebagai perawat yang bekerja di rumah sakit, dinas kesehatan, sebagai dosen pada institusi pendidikan ners serta bekerja pada perusahaan. Alumni yang bekerja sebagai ners di rumah sakit luar negeri seperti di Sulaiman Alhabib, Alfarabi Medical Clinic, Specialize Mendical Center, Profesional Medical Care Complex dan yang di Indonedis di RSUP dr. Sardjito, RSUP Dr. Karyadi, RS Pusat Otak  Nasional  Jakarta, RS Darmais Jakarta, Rumah Sakit Fatmawati  Jakarta serta rumah sakit negeri dan swasta yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Demikian agar informasi ini melalui situs ini agar menjadi gambaran Program Studi Keperawatan-Program Studi Pendidikan Profesi Ners bagi sekalian pembaca.

Wassalamu’alaikum Warrohmatullohi Wabarokatuh

Ketua Program Studi Keperawatan –Pendidikan Profesi Ners

Deasti Nurma Ghupita, M.Kep., Sp.Kep.J